Langsung ke konten utama

10 Destinasi Wisata di Kota Pariaman Untuk Menghabiskan Waktu Liburan

10 Destinasi Wisata di Kota Pariaman Untuk Menghabiskan Waktu Liburan“Pariamaaaan tadanga langang, batabuik mangkonyo ramiiii”, itu lah sepenggal lirik lagu Minang tentang Pariaman. Ungkapan tersebut tidaklah salah, karena Kota Pariaman bukanlah sebuah kota yang ramai. Tapi itu mungkin dulu.

Sekarang, geliat pariwisata di Pariaman membuat Pariaman jadi primadona tersendiri, terutama di kalangan wisatawan lokal di Sumatera Barat.
Apalagi dengan adanya tranportasi Kereta Api, semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Tabuik ini. Selain itu objek wisata di Kota Pariaman juga berbenah, tak hanya itu-itu saja.
Berikut 10 destinasi wisata yang ada di Kota Pariaman yang bisa menjadi referensi bagi Dunsanak untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau orang terdekat:

1. Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah
Pantai Gandoriah
Pantai Gandoriah adalah objek wisata andalan Kota Pariaman sejak dulunya. Aksesnya cukup mudah, jika Dunsanak menaiki kereta api dari Kota Padang, maka kereta akan tepat berhenti di stasiun Pantai Gandoriah.
Pantai Gandoriah cocok untuk Dunsanak yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan sedikit bersantai. Selain menikmati pantainya, disini Dunsanak juga bisa menikmati aneka kuliner khas Pariaman.

2. Pulau Angso Duo

pulau angso duo by catatannyasulung.wordpress.com
pulau angso duo via catatannyasulung.wordpress.com
Jika sudah cukup puas menikmati Pantai Gandoriah, Dunsanak bisa meneruskan perjalanan ke Pulau Angso Duo dengan transportasi kapal yang tersedia di muara dekat ujung Pantai Gandoriah.
Di Pulau Angso Duo ini Dunsanak bisa melakukan aktivitas seperti berenang, snorkeling atau sekedar berkeliling menikmati keindahan pulau dengan pasir putihnya yang lembut.

3. Pulau Tangah

Pulau Tangah merupakan salah satu pulau yang masih berada di perairan Kota Pariaman. Dengan luas 6,58 hektare, Pulau Tangah banyak ditumbuhi kelapa, bakau, semak dan rumput.
Sama halnya dengan Pulau Angso Duo, pulau Tangah juga dihiasi dengan hamparan pasir putih yang lembut. Disini kita juga bisa menikmati suasana pantai atau melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

4. Pulau Kasiak

Foto @donnyvedrian
Foto @donnyvedrian

Pulau Kasiak berada tak jauh dari Pulau Angso Duo. Pulau kecil ini juga memiliki keindahan yang sama dengan Pulau Angso Duo dengan pasir putihnya.
Dan disini terdapat sebuah menara suar DSI (Daftar Suar Internasional) setinggi 40 meter. Belakangan berfoto selfie di menara suar ini sempat booming di instagram dan twitter. Tapi sekarang sudah tidak boleh lagi berfoto disini. Bahaya.
Selain itu Pulau Kasiak merupakan kawasan konservasi penyu di Kota Pariaman. Pulau ini merupakan tempat bagi penyu-penyu untuk bertelur. Sayangnya karena beberapa waktu ini pengunjung kurang menjaga kebersihan pulau jadi terpaksa kunjungan ke Pulau ini rencananya akan dibatasi.

5. Pantai Cermin

Pantai Cermin | Foto: Rajo Alam
Pantai Cermin | Foto: Rajo Alam

Jika Dunsanak mencari area rekreasi yang tidak seramai Pantai Gandoriah, maka cobalah ke Pantai Cermin yang berjarak 1,5 kilometer dari pusat kota Pariaman tepatnya di desa Karan Aur.
Disini pantainya cukup lantai, pasirnya lembut serta banyak ditumbuhi pohon kelapa dan pinus yang menjadikan area pantai ini rindang dan berhawa sejuk.

6. Pantai Kata

Pantai Kata | foto: ERICH Photograph
Pantai Kata | foto: ERICH Photograph

Pantai Kata, Kata sendiri merupakan singkatan dari dua desa yang merupakan lokasi pantai ini yaitu Karan Aur dan Taluak. Pantai ini banyak ditumbuhi pinus dan kelapa serta berpasir putih.
Dari Pantai Gandoriah, dunsanak bisa menuju ke Pantai ini menggunakan jasa ojek atau naik bendi. Disini juga tersedia rumah makan dan warung-warung yang siap memanjakan selera kuliner, Dunsanak.

7. Pantai Belibis atau Muaro Nareh

Kalau tempat yang satu ini masih belum banyak dikenal oleh masyarakat umumnya. Tapi tak ada salahnya mencoba lokasi Pantai yang terletak di Desa Padang Biriak-Biriak Kecamatan Pariaman Utara ini.
Lokasinya kira-kira 6 kilometer dari pusat kota. Disini selain pantainya berpasir putih juga terdapat hutan bakau yang masih asri.

8. Muaro Mangguang

Foto: skyscrapercity
Foto: skyscrapercity

Lokasi wisata ini bisa dibilang baru diminati belakangan ini karena baru selesainya renovasi sejumlah sarananya. Disini, Anda bisa menikmati sunset atau memancing sambil menikmati jagung bakar dan kuliner khas Pariaman lainnya.

9. Balai Konservasi Penyu Kota Pariaman

Foto: Bagindo Pamuntjak via skyscrapercity
Foto: Bagindo Pamuntjak via skyscrapercity

Untuk wisata keluarga dan edukasi cocok nih berkunjung ke UPT Konservasi Penyu di Kota Pariaman yang berlokasi di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara.
Disini kita bisa melihat berbagai jenis penyu di penangkaran mulai dari yang masih telur hingga yang sudah berusia dewasa. Selain itu kita juga bisa mempelajari seluk beluk mengenai penyu.

10. Taman Orang Piaman Creative (OPC) Pantai Pauh

Objek wisata ini terbilang baru dan digagas oleh dua anak muda Ferdi dan Edo. Mereka menyulap Pantai Pauh menjadi sebuah kawasan wisata unik yang menyidiakan spot berfoto dengan tema tertentu.
Di spot-spot foto tersebut pengunjung diharapkan untuk berdonasi Rp 2000,-. Dana tersebut akan digunakan untuk melakukan kegiatan pembersihan dan pelestarian lingkungan pantai.

Yuk, ke Pariaman :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Esai dan Contoh Esai Tentang Diri Sendiri

Definisi Esai Dan Ciri-Cirinya Esai adalah suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya. Dalam penjelasan lain atau dalam arti luas, Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Pengarang esai disebut esais. Esai sebagai satu bentuk karangan dapat bersifat informal dan formal. Esai informal mempergunakan bahasa percakapan, dengan bentuk sapaan dan seolah-olah ia berbicara langsung dengan pembacanya. Adapun esai yang formal pendekatannya serius. Pengarang mempergunakan semua persyaratan penulisan. Tipe-tipe Esai Ada enam tipe esai, yaitu : Esai Deskriptif. Esai jenis ini dapat meluliskan subjek atau objek apa saja yang dapat menarik perhatian pengarang. Ia bisa mendeskripsikan sebuah rumah, sepatu, tempat rekreasi dan sebagainya. Esai Tajuk. Esai jenis ini dapat dilihat dalam  surat kabar  dan majalah. Esai ini mempunyai satu fu

Sistem Ekskresi Pada hewan Dan Kelainan Pada Sistem Eksresi Manusia

Sistem Ekskresi Pada Hewan Dan Kelainan Pada Sistem Eksresi Manusia 1.      Kelainan dan Penyakit Pada Ginjal ·        Anuria Adalah kegagalan ginjal dalam menghasilkan urine. Disebabkan karena kurangnya tekanan untuk melakukan filtrasi atau bisa juga terjadi radang pada glomerulus, sehingga plasma darah tak dapat masuk ke glomerulus. Kurangnya tekanan hidrostatis bisa disebabkan oleh penyempitan (konstriksi) arteriol efferen oleh hormon epinefrin atau oleh pendarahan sehingga darah tidak dialirkan ke ginjal. ·        Glikosuria Adalah ditemukannya glukosa pada urine. Menunjukkan terjadinya kerusakan pada badan malpighi. ·        Albuminuria Ditemukan protein albumin pada urine.Berarti ada kenaikan permeabilitas membran glomerulus.Disebabkan adanya luka pada membran glomerulus akibat penyakit, kenaikan tekanan darah dan iritasi sel-sel ginjal oleh zat-zat seperti racun bakteri, eter, atau logam berat. ·        Hematuria Ditemukan erythrocyt pada urine.Disebabkan

Solusi OSK Astronomi 2014

Solusi OSK Astronomi 2014 (Bagian 1) 1. Tinjaulah dua gugus bintang x dan y. Pada gugus bintang x,total energi yang dipancarkan adalah 12000 satuan,yang berasal dari 50 bintang kelas spektrum O dan 20 bintang kelas spektrum B. Pada gugus bintang Y,total energi yang dipancarkan adalah 5000 satuan,yang berasal dari 20 bintang kelas spektrum O dan 10 bintang kelas spektrum B. Energi yang dipancarkan oleh satu bintang kelas spektrum O dan satu bintang kelas B di kedua gugus bintang tersebut adalah... A. Kelas O sebanyak 200 satuan,kelas B sebanyak 100 satuan B. Kelas O sebanyak 100 satuan,kelas B sebanyak 200 satuan C. Kelas O sebanyak 100 satuan,kelas B sebanyak 100 satuan D. Kelas O sebanyak 200 satuan,kelas B sebanyak 200 satuan E. Kelas O sebanyak 200 satuan,kelas B sebanyak 150 satuan Jawaban : A Soal dapat dengan mudah diselesaikan dengan spldv. Kita ubah soal dalam persamaan. 50 O + 20 B = 12000 20 O + 10 B = 5000 Selesaikan,dan didapat hasil O = 2