Langsung ke konten utama

Keselamatan dan Kesehatan Kerja


Hello readers ku tersayang..
Jadi pada kesempatan kali ini aku bakal menulis sesuatu yang mungkin bermanfaat bagi kehidupan sehari hari. Tidak seperti biasanya yang hanya berisi bacotan yang tak bernilai. Hmm kadang ada juga sih yang informative kan (ga mau jatuh kali aku tu wkwk).
Untuk pemenuhan tugas semester ini, aku disuruh dosen buat bikin artikel atau tulisan yang bertemakan K3. Terserah mau bahas K3 apa. Yang penting ada K3 nya. Disuruhnya di upload di Koran, atau media social. Jika ingin nilai A maka tulisan ini harus viral lo guys atau minimal viewers nya ada 1000. Serem ga tuh???
(coba aja kan tulis di blog, mana tau bisa 1000 views)
Pertama aku bakal sedikit bercerita. (Ekhem ekhem, batuk dulu)
Pas ngisi krs, aku agak aneh bin heran. Kok belajar K3 sih? Apasih itu K3? Kayaknya ga menarik deh. Huft malasnya kuliah, mana 5 sks lagi. Tapi, pas masuk kelas dan dosen yang ngajar pun asyik, jujur aku tertarik dengan K3 guys. Keren aja gitu, dan emang semestinya kita memperhatikan itu. Penasaran? Penasaran kan apa itu K3? Apa yang bikin aku sampai tertarik dengan K3.
Oke sedikit ya mengenai K3
Baik Apa sih itu K3?
Pertama secara Etimologis itu merupakan upaya perlindungan yang ditujukan agar tenaga kerja dan orang lain di tempat kerja selalu dalam keadaan selamat dan sehat dan agar setiap sumber produksi perlu dipakai dan digunakan secara aman dan efisien.
Kedua secara Filosofi merupakan suatu konsep berfikir dan upaya nyata untuk menjamin kelestarian tenaga kerja dan setiap insane pada umumnya beserta hasil karya dan budaya dalam upaya mencapai adil, makmur dan sejahtera.
Ketiga secara Keilmuan merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan dan penerapan yang mempelajari tentang cara penanggulangan kecelakaan di tempat kerja.
Melihat dari pengertian K3 di atas kita bisa tau nih, bahwa disetiap tindakan kita mesti memperhatikan hal hal yang memungkinkan dapat mencelakai kita. Dengan kita perhatikannya hal-hal itu maka akan minimnya terjadi kecelakaan, kerugian dan hal-hal yang mungkin dapat merugikan/mencelakakan.
Mungkin semua readers tau apa itu K3. Ketika aku tanya ”apasih K3?” Pasti pada jawab “keselamatan dan kesehatan kerja kan? Ah masa itu lu tanyain sih” (sambil nge gas gitu jawabnya). Tetapi, jika pertanyaannya diganti “udah nerapin K3 belum dalam hidupnya?” (malah bengong, awas laler). Bingungkan? Hmm penerapan k3 di Indonesia masih sangat sedikit sih, bisa dibilang masyarakat kita masih sangat awam mengenai hal ini.
“jangan jelek-jelekin people +62 dong”
Sabar readers wkwk. Sebenarnya k3 itu sederhana dan menuntut kepatuhan kita untuk melakukannya. Contoh nya saja, siapa yang merhatiin kalo di rumah sakit itu sering disediain hand sanitizer gitu? Biasanya di gantung di dinding dinding dan yang pasti gratis. Sering liat kan manfaatnya apa? Supaya kita membersihkan tangan kita. Karena kita di rumah sakit dan sangat terpapar bakteri atau virus yang ada disana. Dengan berbagai orang dan penyakit yang berbedaa. Dengan adanya hands sanitizer maka akan menghambat penularan bakteri melalui tangan. Soalnya manusia kan apa apa pake tangan. Ga tau tangan abis dari mana. Main comot makanan aja. Ya mungkin ini terlalu remeh sih contohnya.
Next siapa yang merhatiin pramugari jelasin ini itu sebelum pesawat take off? Acung tangan. Pasti mager ye kan? Mending planga plongo liat sana kemari wkwkw. Padahal itu sangat penting loh. Coba deh kalo naik pesawat liat bagian kabin sama lantainya, ada garis gitu kan. Ga tau itu namanya. Tapi itu pas keadaan darurat dan gelap, bakal ngeluarin cahaya. Cahayanya bakal kita liat dan otomatis naluri kita bakal ikutin, setahu aku itu cahaya bakal nuntun kita ke jalan keluar atau tempat aman. (Semoga kalo naik pesawat kita selalu aman ya readers)
Ya k3 itu hal hal yang biasanya kita anggap remeh gitu lo. Misal ada air tumpah di lantai, kita biarin aja padahal udah hampir kepeleset (bahasa baratnya ‘tajilapak’), tapi karna baru hamper kepeleset belum jatuh, kita mager dong buat nge lap atau ngepel itu air. Akhirnya orang kesekian terpeleset sampe tangannya patah (serem amat woi). Ya begitu tindakan kita mengepel air tadi adalah upaya K3.
Biar ada isinya nih konten. K3 itu udah punya dasar hukum lo. Kenapa di kasih hukum? Biar dipatuhi, biar diterapkan. Khususnya bagi perusahaan-perusahaan agar menjamin kesejahteraan tenaga kerjanya. Nah apa aja sih dasar hukumnya, yaitu:
1.    Undang Undang Dasar 1945 Pasal 27 ayat 2
2.    Undang Undang No 1 tahun 1970 Keselamatan Kerja
3.    Pasal 35, pasal 86 dan 87 No. 13 2003 tentang Ketenagakerjaan Perlindungan K3 dan penerapan SMK3
(buat isinya, readers ku yang cantik dan ganteng bisa googling sendiri kan hehehe)

K3 ini ada prinsip-prinsipnya juga, ini nih prinsipnya :
1.    Setiap pekerjaan bisa dilakukan dengan selamat. (berarti setiap pekerjaan itu ada resiko kecelakaannya, maka tugas si pekerja atau kita untuk selalu dalam langkah kerja yang sesuai dan menjaga keselamatan diri)
2.    Kecelakaan pasti ada sebabnya (udah pasti nih gengs, ga bisa ngeles lagi kita)
3.    Penyebab kecelakaan harus dicegah/ditiadakan (yang aku bilang kita yang ngontrol semuanya, jadi kita harus paham lagi lakuin apa dan bagaimana prosedurnya)

Menurut kalian gimana sih kecelakaan itu bisa terjadi?
Kecelakaan itu bisa terjadi itu sebabnya adalah: (catet ya)
1.    Lemahnya control. Seperti programnya tak sesuai atau cacat, tidak memenuhi standar, terus yang melakukannya atau pekerjanya sembrono
2.    Sebab dadasr. Seperti factor dari orangnya dan factor pekerjaannya.
3.    Penyebab lansung, ya seperti perbuatannya tidak aman, atau tempat terjadinya perbuatan yang tidak aman (kalau pusing mahaminnya, baca pelan pelan, ulang ulang wkwk)
4.    Insiden, yaitu kejadian atau kontak dengan suatu energy atau bahan tertentu.
5.    Yang jelas bakal menyebabkan kerugian. Ya missal kalo kecelakaan kerugian harta benda, waktu bahkan nyawa.


Oke setelah panjang lebar di atas, maka setiap pekerjaan kita harus sesuai prosedur keamanannya ya readers. Bawa motor pake helm, jangan asal selap selip pas berkendara (ini ngeri sih, bisa kecelakaan beruntun), menyebrang liat kiri kanan atau pas lampu merah kalau ada lampu lalu lintasnya.
Ya usahakan melakukan apapun sesuai prosedurnya, salah satunya lulus tepat waktu (upps). Kerjain skripsi nya, prosedurnya hubungi dosbing jangan malas ketemuan. (malah curcol)


Okeee baca ya guys, ajak yang lain juga pada bacaaaa.. biar aku dapat A

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Esai dan Contoh Esai Tentang Diri Sendiri

Definisi Esai Dan Ciri-Cirinya Esai adalah suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya. Dalam penjelasan lain atau dalam arti luas, Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Pengarang esai disebut esais. Esai sebagai satu bentuk karangan dapat bersifat informal dan formal. Esai informal mempergunakan bahasa percakapan, dengan bentuk sapaan dan seolah-olah ia berbicara langsung dengan pembacanya. Adapun esai yang formal pendekatannya serius. Pengarang mempergunakan semua persyaratan penulisan. Tipe-tipe Esai Ada enam tipe esai, yaitu : Esai Deskriptif. Esai jenis ini dapat meluliskan subjek atau objek apa saja yang dapat menarik perhatian pengarang. Ia bisa mendeskripsikan sebuah rumah, sepatu, tempat rekreasi dan sebagainya. Esai Tajuk. Esai jenis ini dapat dilihat dalam  surat kabar  dan majalah. Esai ini mempunyai satu fu

Sistem Ekskresi Pada hewan Dan Kelainan Pada Sistem Eksresi Manusia

Sistem Ekskresi Pada Hewan Dan Kelainan Pada Sistem Eksresi Manusia 1.      Kelainan dan Penyakit Pada Ginjal ·        Anuria Adalah kegagalan ginjal dalam menghasilkan urine. Disebabkan karena kurangnya tekanan untuk melakukan filtrasi atau bisa juga terjadi radang pada glomerulus, sehingga plasma darah tak dapat masuk ke glomerulus. Kurangnya tekanan hidrostatis bisa disebabkan oleh penyempitan (konstriksi) arteriol efferen oleh hormon epinefrin atau oleh pendarahan sehingga darah tidak dialirkan ke ginjal. ·        Glikosuria Adalah ditemukannya glukosa pada urine. Menunjukkan terjadinya kerusakan pada badan malpighi. ·        Albuminuria Ditemukan protein albumin pada urine.Berarti ada kenaikan permeabilitas membran glomerulus.Disebabkan adanya luka pada membran glomerulus akibat penyakit, kenaikan tekanan darah dan iritasi sel-sel ginjal oleh zat-zat seperti racun bakteri, eter, atau logam berat. ·        Hematuria Ditemukan erythrocyt pada urine.Disebabkan

Solusi OSK Astronomi 2014

Solusi OSK Astronomi 2014 (Bagian 1) 1. Tinjaulah dua gugus bintang x dan y. Pada gugus bintang x,total energi yang dipancarkan adalah 12000 satuan,yang berasal dari 50 bintang kelas spektrum O dan 20 bintang kelas spektrum B. Pada gugus bintang Y,total energi yang dipancarkan adalah 5000 satuan,yang berasal dari 20 bintang kelas spektrum O dan 10 bintang kelas spektrum B. Energi yang dipancarkan oleh satu bintang kelas spektrum O dan satu bintang kelas B di kedua gugus bintang tersebut adalah... A. Kelas O sebanyak 200 satuan,kelas B sebanyak 100 satuan B. Kelas O sebanyak 100 satuan,kelas B sebanyak 200 satuan C. Kelas O sebanyak 100 satuan,kelas B sebanyak 100 satuan D. Kelas O sebanyak 200 satuan,kelas B sebanyak 200 satuan E. Kelas O sebanyak 200 satuan,kelas B sebanyak 150 satuan Jawaban : A Soal dapat dengan mudah diselesaikan dengan spldv. Kita ubah soal dalam persamaan. 50 O + 20 B = 12000 20 O + 10 B = 5000 Selesaikan,dan didapat hasil O = 2